Sabtu, 08 Oktober 2011

TUGAS ETIKA BISNIS ( CONTOH – CONTOH TEORI ETIKA )

1. Etika Teleologi
Contoh :
“Saya belajar setiap pulang dari kuliah, supaya saya bisa mendapatkan ipk yang baik sesuai dengan ke inginan saya”.
 Contoh Memikirkan diri sendiri
“Saya ingin menjadi yang terbaik diantara teman-teman yang lain di kelas, jadi saya tidak perduli dengan teman - teman yang lainnya oleh karena itu saya harus sering maju ke depan kelas dan harus sering menjawab semua pertanyaan dari dosen agar mendapatkan nilai yang terbaik dibandingkan dengan temen - teman yang lainnya”.
 Contoh Utilitarianisme
“Saya membersihkan dan mengambil sampah- sampah yang menyangkut di selokan - salokan air supaya air selokan bisa mengalir tidak tersumbat lagi, bila tersumbat dan tergenang air akan menjadi tempat bersarangnya nyamuk sehingga menimbulkan wabah penyakit demam berdarah, ini sangat berbahaya buat kita dan masyarakat lain”.
2. Deontologi
Contoh :
“Setiap hari saya harus mengerjakan PR adek saya menurut saya ini baik karena adek saya bisa belajar pelajaran lain selain mengerjakan PR tetapi ada kalanya ini merupakan perbuatan buruk karena kalo saya selalu membantu adek saya mengerjakan PR setiap hari bagaimana adek saya bisa pintar kalo setiap ada PR selalu saya yang mengerjakan, tetapi ini juga merupakan kewajiban saya sebagai kakak harus membantu adek”.
3. Teori Hak
Contoh :
“Saya seorang mahasiswa yang tinggal di Negara Indonesia kewajiban saya sebagai warga Negara Indonesia adalah belajar dan hak saya sebagai warga Negara Indonesia adalah mendapatkan perlindungan dan mendapatkan keamanan yang layak”.
4. Teori Keutamaan
Contoh :
“Selain sebagai mahasiswa yang mempunyai tugas belajar saya juga mempunyai kehidupan yang baik dirumah karena saya mempunyai orang tua yang selalu adil dan bijaksana terhadap saya dan keluarga saya yang lainnya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar