Kamis, 18 November 2010

PERILAKU KONSUMEN

Masalah ekonomi timbul sebagai akibat adanya kenyataan-kenyataan di bawah ini : jumlah dan macam ragam kebutuhan manusia sangat banyak dan alat pemuas kebutuhan , relatif dibandingkan dengan kebutuhan manusia tersebut di atas , sangat terbatas .
Dari masa pra sejarah sampai jaman modern seperti sekarang ini belum pernah di jumpai suatu masyarakat atau suatu bangsa yang kebutuhan hidupnya telah dapat terpenuhi seluruhnya dengan semakin banyak alat kapital yang mereka miliki : yang semuanya ini meningkatkan kemampuan
Mereka dalam menghasilkan barang – barang dan jasa-jasa yang selanjutnya dapat mereka pergunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka . menghadapi kenyataan tidak dapat terpenuhinya semua kebutuhan mereka , maka dengan sadar atau tidak manusia bertendensi untuk bersikap rasional yaitu sepanjang mereka mempunyai pilihan , mereka akan memilih pilihan yang mendatangkan manfaat sebesar – besarnya dari penggunaan alat pemuas kebutuhan tertentu , atau memilih pilihan yang menurut perhitungan mereka memerlukan korban paling kecil di antara pilihan – pilihan lain untuk maksud pemenuhan kebutuhan tertentu .
Ilmu ekonomi biasa dibagi dalam tiga kelompok dasar yaitu kelompok ekonomi , deskriptif , kelompok teori ekonomi dan kelompok ekonomi terapan . ekonomi deskriptif atau descriptive economics , mengumpulkan keterangan-keterangan factual yang releven mengenai sesuatu masalah ekonomi .
Di atas telah disinggung bahwa ekonomi mikro berusaha menerangkan perilaku pelaku-pelaku ekonomi .oleh karena itu ada manfaatnya apabila untuk sejenak perhatian kita, kita arahkan guna mengetahui macam kegiatan yang dilakukan oleh pelaku –pelaku ekonomi tersebut dan hubungan – hubungan yang lazim terjadi di antara mereka .
Untuk singkatnya di bawah ini secara lebih lengkap diperinci materi bahas yang banyak termuat dalam buku – buku teks ekonomi mikro :
 Teori konsumen . bagian daripada ilmu ekonomi mikro ini pada pokoknya membahas perilaku ekonomi rumah – rumah tangga keluarga dalam menggunakan penghasilan mereka yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan memperoleh tingkat kepuasan yang maksimal .
 Teori badan usaha . bagian ini membahas tentang perilaku rumah tangga perusahaan dalam menentukan jumlah barang atau jasa yang dihasilkan , dalam menentu kan harga satuan barang atau jasa yang dihasilkan dan dalam menentukan kombinasi sumber-sumber yang dipergunakan dalam proses produksi.
 Teori harga pasar, bagian dari pada ilmu ekonomi mikro ini pada dasarnya membahas perilaku harga pasar barang-barang dan jasa-jasa .
 Teori distribusi pendapatan. Bagian daripada ilmu ekonomi mikro ini mencoba menerangkan perilaku harga sumber-sumber daya , yang dapat berubah upah untuk sumber daya manusia, bunga modal untuk sumber daya modal dan sewa untuk sumber daya alam .
 Teori keseimbangan umum .teori-teori yang disebutkan di atas yaitu teori konsumen, teori produsen,teori harga pasar dan teori distribusi pendapatan semuanya didasarkan kepada asumsi tidak adanya saling pengaruh mempengaruhi atau interdependensi antara kegiatan ekonomi pelaku ekonomi yang satu dengan kegiatan ekonomi pelaku ekonomi lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar