Jumat, 08 Januari 2010

" PERANAN KOPERASI "

Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Tujuan pendirian Koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Beberapa landasan koperasi indonesia yang melandasi aktifitas koprasi di Indonesia yaitu :

* Landasan Idiil yaitu Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia yang sifatnya mutlak,oleh sebab itu ia di jadikan prinsip yang sekaligus landasan bagi koperasi di Indonesia.


* Landasan Mental adalah Setia kawan dan kesadaran diri sendiri, Karena koperasi sifatnya kekeluargaan tentu saja kesetia kawanan dan kesadaran diri sendiri merupakan hal yang terpenting karena itu sebagai tombak untuk terwujudnya kesejahteraan bersama dan meningkatkan taraf hidup anggotanya.

* Landasan Struktural dan gerak pada UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1

Landasan structural dan gerak dalam menjalankan aktifitasnya,koperasi di Indonesia sebagaimana tercantum dalan undang-undang dasr 1945 dalam pasal 3 ayat 1.

4 macam Fungsi Koperasi :

I. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian indonesia
II. Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi indonesia
III. Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara indonesia
IV. Memperkokoh perekonomian rakyat indonesia dengan jalan pembinaan koperasi

3 macam Peran dan Tugas Koperasi :

I. Meningkatkan tarah hidup sederhana masyarakat indonesia
II. Mengembangkan demokrasi ekonomi di indonesia
III. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina, dan mengembangkan setiap potensi yang ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar